LEADERSHIP

5 CARA JADI PEMIMPIN HEBAT
Manajemen Steve Jobs
Dulu orang membicarakan baju turtleneck berwarna hitam yang dibilang konyol, jeans dan sepatu ketsnya. Lalu orang-orang mulai mengejek gaya bicaranya. Kini para eksekutif dan wirausahawan mencoba meniru gagasan manajemen sang legenda Apple tersebut. 

Sayangnya, Anda tidak bisa sekedar menyalin dan menggandakan bakat, kebijakan atau kepemimpinannya yang mendobrak. Itu tidak akan berhasil. Sebab Steve Jobs yang orang-orang coba tiru itu, orang yang melejitkan Apple, adalah Steve Jobs yang berbeda dari Steve Jobs sebelumnya — yang dipecat dari perusahaan yang ia dirikan sendiri. 


Peristiwa tragis dan menyakitkan tersebut mengubah dirinya. Itu merupakan sebuah proses yang harus ia lalui. Itulah yang menjadikannya orang yang membuat perusahaan teknologi terbesar di dunia tersebut menjadi hebat. Hal itu dinamakan pengalaman. Anda tidak dapat meniru pengalaman.


Keterikatan dengan karyawan

Tentu saja, setiap eksekutif dan pimpinan bisnis ingin agar para pekerjanya menyukai pekerjaan mereka dan merasakan bahwa mereka adalah faktor penting dalam penentu kesuksesan perusahaan. Itu mudah. Itu juga bukan merupakan hal baru. 

Cara untuk membuat para pegawai termotivasi adalah dengan membuat sebuah budaya yang membuat mereka merasa diberdayakan, yang membuat mereka merasa melakukan hal yang berbeda, yang membuat mereka merasa tertantang sekaligus mendukung mereka. Itu bukanlah hal yang rumit dan Anda tidak harus menyewa konsultan pegawai untuk melakukannya. 

Produktivitas individu serta manajamen waktu

Kapan memberdayakan setiap menit waktu produktif Anda menjadi tujuan utama? Sini saya kasih tahu: Jika Anda sulit hidup teratur, bukan orang yang rajin, memiliki ruang kerja yang berantakan, serta tidak rapih bukan berarti bahwa Anda terpuruk dan mengenaskan. Itu hanya berarti bahwa Anda seperti banyak orang sukses dan inovatif yang saya kenal selama beberapa tahun.

Dan jika Anda masih harus mencari sedikit waktu, cukup lakukan seperti apa yang saya lakukan. Kurangi. Kurangi sama dengan menambah. Prioritaskan hal penting. Anda akan menjadi lebih sukses dan lebih bahagia. Cukup seperti itu.


Kecerdasan emosional

Gaya kepemimpinan dan manajemen secara tradisional telah habis. Kini masanya soft skill, siapa yang tidak ingin menjadi seorang CEO yang memiliki empati dan mawas diri? Masalah kecerdasan emosional adalah hal yang sulit diukur. 

Jika kecerdasan emosional bisa menjadi alat untuk memprediksi kesuksesan bisnis, lalu bagaimana Anda bisa menghitung kecerdasan emosional Steve Jobs, Bill Gates, Larry Ellison, Larry Page, Mark Zuckerberg, serta puluhan wirausahawan dan eksekutif sukses lainnya? 


Kepemimpinan berdasarkan kelebihan

Ini sangat sederhana. Kita hidup dalam masa yang berubah dengan cepat, dunia bisnis yang terus mengalami perubahan. Jika Anda memiliki kelebihan maka Anda mampu mengadaptasinya menjadi keuntungan yang kompetitif, berkonsentrasilah pada hal itu. 

Namun, jika Anda memiliki kelemahan yang besar yang mungkin bisa saja membuat Anda dan rekan kerja terpuruk, maka jangan abaikan kelemahan tersebut.




10 KIAT MELAMAR PEKERJAAN


Para ahli sependapat, semua orang bisa belajar bahasa pemrograman C++, namun mentang-mentang Anda mempelajarinya bukan berarti Anda langsung mendapatkan pekerjaan.

Pekerjaan yang paling diincar tahun ini mungkin berakar pada melebarnya industri komputer, namun bukan hanya keahlian teknis dan kemampuan pemrograman yang memberikan kita kesempatan untuk direkrut.


“Keahlian yang paling banyak dicari para perekrut lebih pada keahlian dalam pemrosesan dan bahasa kode,” kata Rich Milgram, CEO jaringan karier Beyond, “Mempelajari sebuah teknologi adalah hal yang mudah. Memiliki pola pikir untuk menerapkannya, memprosesnya, dan mewujudkannya, serta berorientasi pada detail sambil melakukannya, itulah keahlian yang penting.”


Pembuatan teknologi membutuhkan keahlian yang unik dan mendalam agar hasil inovasinya dapat dipasarkan. “Atasan ingin mengambil, mengurai dan menerapkan data yang besar untuk menghadirkan solusi yang lebih baik kepada klien dan bisnis mereka sendiri,” katanya. “Mereka membutuhkan para ahli teknologi yang mampu merancang strategi yang lebih besar dan lebih baik serta melaksanakan strategi tersebut.”


Untuk mengungkap 10 keahlian yang paling dicari di 2013, kami menyusuri keahlian penting untuk pekerjaan-pekerjaan teratas di 2013 yang menurut CareerBuilder disebut sebagai pekerjaan yang paling banyak masuk di O*NET, pusat informasi pekerjaan AS, sejak 2010. 


Tidak mengejutkan jika keahlian teknis dan berbagai bentuk terapannya banyak masuk ke dalam daftar keahlian yang paling dicari, meski demikian keahlian yang tidak begitu mencolok ini benar-benar mendominasi.  


“Dengan mengetahui keahlian mana saja yang banyak dicari, bisa membantu pengambilan keputusan dalam hal pendidikan dan pekerjaan,” kata Brent Rasmussen, Presiden CareerBuileder Amerika Utara. “Ini bisa membantu para pekerja untuk mengidentifikasi hal apa saja yang berpotensi memperkaya keahlian mereka yang sekarang atau meningkatkan pendidikan mereka guna menyiapkan masa depan yang lebih baik.” 



Berikut adalah 10 keahlian penting dalam pekerjaan guna meningkatkan peluang Anda untuk diterima di 2013:

1. Berpikir kritis 

(9 dari 10 pekerjaan membutuhkan keahlian ini)
Menggunakan pola pikir yang logis dan beralasan untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dari berbagai macam solusi, kesimpulan, atau pendekatan dalam penyelesaian masalah.

2. Kemampuan memecahkan masalah yang rumit 

(9 dari 10 pekerjaan membutuhkan keahlian ini)
Mengidentifikasi masalah rumit dan mengulas informasi yang berkaitan dengan masalah tersebut untuk mengembangkan dan mengevaluasi pilihan solusinya serta menerapkannya.

3. Menilai dan mengambil keputusan 

(9 dari 10 pekerjaan membutuhkan kemampuan ini)
Memperhitungkan kerugian dan keuntungan dari masing-masing tindakan guna memilih keputusan yang paling sesuai.

4. Aktif mendengarkan 

(9 dari 10 pekerjaan membutuhkan keahlian ini)
Memerhatikan apa yang orang lain katakan dengan cermat, meluangkan waktu untuk memahami keputusan yang dibuat, bertanya hal yang perlu ditanyakan dan tidak menginterupsi pendapat orang lain.

5. Komputer dan elektronik 

(8 dari 10 pekerjaan membutuhkan keahlian ini)
Pengetahuan papan sirkuit, prosesor, perlengkapan elektronik serta perangkat keras komputer termasuk aplikasi dan pemrograman.

6. Matematika 

(6 dari 10 pekerjaan membutuhkan keahlian ini)
Pengetahuan aritmatika, aljabar, geometri, kalkulus, statistik, serta terapannya.

7. Operasional dan sistem analisa

(5 dari 10 pekerjaan membutuhkan keahlian ini) 
Menentukan bagaimana sebuah sistem atau operasional bekerja dan bagaimana perubahan kondisi, operasional, dan lingkungan akan memengaruhi hasil produksi. Memahami kebutuhan dan persyaratan produk dari desain tertentu.

8. Pengawasan 

(5 dari 10 pekerjaan membutuhkan keahlian ini)
Mengawasi dan mengakses kemampuan orang lain, organisasi atau diri Anda sendiri untuk membuat kemajuan atau melakukan koreksi.

9. Pemrograman 

(tiga dari 10 pekerjaan membutuhkan keahlian ini)           
Melakukan pemrograman komputer untuk berbagai tujuan.

10 Penjualan dan pemasaran 

(2 dari 10 pekerjaan membutuhkan keahlian ini)
Pengetahuan mendasar serta metode-metode untuk menunjukkan, mempromosikan, dan menjual berbagai produk atau layanan. Termasuk strategi pemasaran dan taktik, demonstrasi produk, teknik penjualan dan kontrol sistem penjualan.

Berikut ini beberapa tip terbaik yang berguna untuk Anda yang sedang mencari kerja:

1.    Menulis email yang memukau

Selain mempunyai resume dan surat pengantar yang sempurna, kita terkadang lupa bahwa email yang kita kirim juga akan meninggalkan sebuah kesan. Beberapa tip? Tulislah hal yang spesifik pada subjek email dan menjaganya agar tetap pendek dan manis.

2.    Memaksimalkan LinkedIn
Baru-baru ini LinkedIn berbenah, sehingga jangan ragu lagi untuk memanfaatkan fitur-fitur jaringan ini. Berbagi kabar terbaru dan artikel, mendapatkan informasi lebih mendalam melihat jaringan Anda, melihat bagaimana orang menemukan Anda, dan masih banyak lagi.

3.    Hindari dosa berburu pekerjaan
Tentu saja, ada dosa berburu pekerjaan yang harus Anda hindari, misalnya mengirim resume yang berantakan, tetapi ada juga yang dosa yang samar-samar — misalnya ingin mendapatkan posisi tertentu, pencarian yang tidak fokus. Ini penting untuk segera diatasi.

4.    Akhir pekan yang produktif

Apakah Anda saat ini bekerja dan mencari pekerjaan baru atau Anda memiliki prioritas lain selama sepekan? Ada strategi tertentu berburu pekerjaan terbaik disimpan untuk akhir pekan. Lain kali jika Sabtu telah tiba, manfaatkan waktu dengan mengatur pertemuan dengan kontak profesional yang tidak punya waktu selama hari kerja. Luangkan waktu untuk belanja setelan jas, atau bikin rencana untuk pekan depan.

5.    Gunakan template yang gratis dari internet

Jika ada alat di luar sana untuk membantu membuat lebih mudah mencari pekerjaan, Anda setidaknya harus mencobanya sesekali. Salah satu yang paling efektif dan murah (baca: gratis) untuk mengatur pencarian kerja Anda adalah Google Doc Template. Gunakanlah untuk mengunduh model dokumen yang relevan seperti Network Tracker dan menyesuaikan mereka berdasarkan lamaran Anda.

6.    Hindari kesalahan dalam CV

Kesalahan ejaan dan kesalahan ketik lainnya bukan satu-satunya kesalahan yang paling banyak dibuat pencari kerja. Informasi yang tidak relevan, prestasi yang tidak jelas, atau menggunakan email norak adalah beberapa hal yang harus dihindari.

7.    Mengambil keuntungan dari jejaring sosial

Kita tidak selalu mempertimbangkan jejaring sosial sebagai alat yang ampuh dalam berburu pekerjaan. Padahal hal itu benar bermanfaat. Para perekrut menggunakannya untuk mencari karyawan potensial dan Anda akan banyak membantu diri sendiri dengan menjadi kreatif dan aktif (tapi tidak berlebihan) dan mengikuti tip penting lainnya.

8.    Tetap optimistis 

Berburu pekerjaan bisa jadi sangat melelahkan, tetapi tidak peduli apa pun yang terjadi, sangat penting untuk menemukan cara-cara menjaga sikap positif melalui semua itu. Hal itu mungkin lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Penelitian telah menunjukkan bahwa tetap bersikap positif menjamin kesempatan yang lebih baik untuk sukses dan orang-orang yang tetap optimistis selama perburuan, mendapat pekerjaan setelah empat bulan.

9.    Kuasai pembuatan surat pengantar 

Banyak-banyaklah mencari tip dalam menulis surat lamaran. Hal itu bisa menjadi faktor penentu dalam ditolak atau diterimanya lamaran Anda. Beberapa hal yang perlu diingat: fokus pada perusahaan, bukan diri sendiri, buat setiap lamaran mempunyai nada yang berbeda. Dan selagi Anda melakukannya, pahamilah kesalahan dalam surat lamaran lalu hindarilah.

10.    Minta referensi dari orang yang Anda kenal

Jika Anda kebetulan mengenal seseorang di sebuah perusahaan dengan posisi ideal - Hebat! Tapi itu tidak berarti Anda hanya perlu memberitahu rekan Anda tentang minat Anda, dan hal ajaib akan langsung terjadi. Masih ada banyak hal untuk dilakukan dan jangan meminta referensi pribadi yang dapat membuat perbedaan besar.

11.    Simulasi wawancara kerja

Apakah Anda punya sejumlah janji wawancara atau masih menunggu? Ada banyak manfaat mempersiapkan jawaban Anda untuk pertanyaan wawancara kerja yang paling umum. Mulai dari "Mengapa Anda ingin bekerja untuk kami?" sampai "Apa kelemahan terbesar Anda?", persiapkanlah dengan baik, dan Anda akan berada 10 langkah di depan orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar